Senin, 26 Mei 2008

E-CRM

CRM (Costumer Relationship Management) adalah sebuah system management yang memungkinkan untuk menarik pelanggan dengan cara memberikan kepuasan optimum. Pada dasarnya para konsumen tidak memikirkan bagaimana cara sebuah organisasi melakukan pengumpulan data ataupun cara kerja organisasi atau perusahaan tersebut. Kenyataannya para konsumen hanya menginginkan pelayanan yang lebih baik secepatnya. Disinilah posisi CRM mulai bekerja. Saat ini CRM sudah berkembang dengan adanya media system elektronik menjadi E-CRM. Sehingga E-CRM dapat didefinisikan sebagai kombinasi sebuah proses bisnis dan teknologi yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsumen perusahaan yang ada dari sudut pandang yang luas.

3 tahap dalam CRM adalah :

1. mendapatkan konsumen baru

2. meningkatkan keuntungan dari pelanggan yang telah ada

3. mempertahankan pelanggan yang telah ada

Salah satu perusahaan global yang cukup terkenal, yaitu Amazon.com. Perusahaan ini adalah perusahaaan global yang melakukan jual beli secara online dimana telah dijelaskan pada blog kami sebelumnya bahwa Amazon.com merupakan E-commerce. Dalam perkembangan perusahaan yang proses kerjanya kebanyakan dilakukan secara online ini apakah anda pernah terpikirkan bagaimanakah perusahaan ini dapat memberikan rasa kepercayaan para pelanggannya yang setia, sebab jika kita pikirkan lebih dalam lagi pasti ada saat dimana anda pertama kali ingin memesan suatu produk dan berpikir “Apakah barang yang saya pesan ini asli atau palsu yah ?” atau “Apakah ternyata uang saya diambil tanpa mendapatkan produk yang saya pesan ?”. di situasi seperti itulah perusahaan amazon.com dapat menerapkan E-CRM dengan baik. Dengan pelayanan yang diberikannya atau fitur-fitur yang disediakan pada webpage-nya para pelanggan akan merasa diutamakan atau merasa dapat bertemu langsung dengan pemilik perusahaan tersebut. Bahkan bagi newbee costumer pun diberikan langkah-langkah registrasi yang mudah dimengerti.

sumber : 1

Tidak ada komentar: